Tuesday, August 7, 2007

Kabeh kuwi ono wayahe, jatahe lan hikmahe dewe dewe

Suatu ketika saya mengadu kepada seorang staff perusahaan di kawasan Waru Sidoarjo tempat saya pertama kali bekerja. " Bu, saya kalau kerja beginian terus gimana dengan masa depan saya nanti ya ?" Dia bilang " To, semua itu ada waktunya sendiri-sendiri .."
Ya ... kalimat sederhana itu sampai sekarang masih saya ingat dan memang benar adanya...bahwa semua jalinan kisah hidup kita ini memang telah ditentukan oleh Allah SWT. Seringkali sayajustru gagal ketika menggebu-nggebu ingin mendapatkan sesuatu ... dan seringkali pula saya justru 'menemukan' apa yang saya inginkan ketika saya pasrahkan kepadaNya sambil tetap berusaha dhahir untuk meraihnya tetapi jauh dari rasa 'menggebu-nggebu'.
Dengan perjalanan usia, maka kalimat sederhana itu yang dalam bahasa jawa adalah 'kabeh iku ono wayahe dewe-dewe' , berkembang menjadi 'kabeh kuwi ono wayahe, jatahe lan hikmahe dewe-dewe' yang artinya adalah 'semua itu ada waktunya, jatahnya dan hikmahnya sendiri-sendiri'. Tidak semua hal yang kita inginkan akan bisa tercapai, tugas kita hanyalah berusaha dan memasrahkan hasilnya kepadaNya serta kemudian ikhlas menerimanya dengan berbaiksangka kepadaNya bahwa apa yang Dia berikan adalah yang terbaik buat kita menurut kacamataNya, bukan menurut kacamata kita yang notabene adalah ungkapan nafsu yang ada dalam jiwa.

No comments:

Post a Comment